Moodlenesia.com

Last updated: October 23, 2020

Introduction

Selamat Datang! Halaman ini adalah dokumentasi penggunaan LMS MOODLE di Moodlenesia.

Buat site disini : https://moodlenesia.com

Pemberitahuan Mendatang

Update Dokumen Manual.

Panduan Administrator

Mendaftar & Login ke Moodlenesia

Moodlenesia merupakan platform elearning yang dapat membuat situs elearning institusi Anda berbasis Moodle dengan cepat, sehingga tidak perlu melakukan setting server, install manual di server, dan seterusnya. Untuk membuatnya tentu Anda harus mendaftar dan login ke aplikasi moodlenesia, berikut Langkah-langkahnya :

Daftar

  1. Kunjungi web https://moodlenesia.com
  2. Klik menu “daftar”
  3. screenshot
  4. Buat akun dengan mengisi form yang tersedia
  5. screenshot
  6. Berhasil!, Anda telah masuk ke halaman dashboard
  7. screenshot

Login

  1. Untuk login di waktu yang berbeda, Anda tinggal masuk menu Login / Masuk
  2. screenshot
  3. Masukkan email dan password yang sama Ketika mendaftar
  4. screenshot
  5. Apabila benar, maka anda akan diarahkan ke halaman dashboard.

Membuat Situs di Moodlenesia

Untuk membuat situs elearning untuk institusi Anda, pastikan telah berhasil login dan berada di halaman dashboard. Langkah-langkah untuk membuat situs di moodlenesia adalah sebagai berikut:

  1. Pilih paket, silakan pilih paket free terlebih dahulu
  2. screenshot
  3. Pilih / ketik nama domain yang diinginkan, pastikan nama domain tersedia
  4. Klik tombol “Buat Site"
  5. screenshot
  6. Tunggu beberapa saat. Jangan menutup browser hingga proses pembuatan selesai.
  7. Selesai!. Anda berhasil membuat sebuah situs elearning, gunakan url, username dan password yang telah diberikan.
  8. screenshot

Mengelola Situs di Akun Moodlenesia

Login ke Situs Yang telah dibuat

Sebelum anda masuk ke lms, pastikan bahwa sudah mempunyai akun sebagai administrator yang dapat dilihat di halaman Kelola situs di moodlenesia.com. Administrator atau Admin Sistem mempunyai wewenang untuk melakukan segala sesuatu hal pada sistem (dalam hal ini LMS). Seorang administrator bisa melakukan hampir semua fungsi yang ada di LMS. Jika anda sudah memiliki akun sebagai administrator, maka ikuti langkah langkah berikut :

  1. Silahkan kunjungi http://[nama situs anda].moodlenesia.com atau alamat yang sesuai dengan pengaturan situs Anda.
  2. screenshot
  3. Masukkan username dan password yang di form yang telah disediakan dan klik tombol login.
  4. screenshot
  5. Lalu anda akan diarahkan ke halaman dasbor lms anda. Pada halaman Dasbor, anda dapat melihat berbagai statistik terkait dengan aktifitas kelas.
  6. screenshot

Manajemen Profil Pribadi

Mengubah data profil memungkinkan anda untuk mengubah data diri anda. Untuk mengubah data diri (profil) anda harus masuk ke halaman profil dengan meng-klik menu “user menu” dibagian kanan atas situs anda.

screenshot

Maka anda akan dialihkan ke halaman profil. Untuk melihat dan mengubah data pribadi anda, maka masuk ke tab edit profil lalu sesuaikan data profil anda.

screenshot

Untuk mengubah data profil secara detail, anda bisa mengakses data detail pengguna dengan cara klik tombol gerigi disebelah kanan atas.

screenshot

Lalu akan tampil halaman untuk mengelola data pribadi anda secara detail. Lalu jika sudah klik perbaharui profil.

screenshot

Manajemen Pengguna

Sebagai administrator tentu saja kita mempunyai wewenang untuk mengelola user, baik itu menambahkan, menghapus dan lain-lain. Untuk mengakses menu user (pengguna) yaitu dengan masuk ke →Administrasi Situs→Pengguna / Site Administration → Users.

screenshot

Dari gambar diatas, kita dapat melihat menu-menu yang berkaitan dengan manajemen user. Kita akan bahas beberapa dari menu-menu tersebut

  1. Lihat daftar pengguna / Browse list of users
  2. Lihat daftar pengguna digunakan untuk melihat daftar semua user (pengguna).

    screenshot
  3. Bulk User Actions
  4. Bulk User Actions digunakan untuk menampilkan daftar pengguna dengan kondisi tertentu atau dengan kategori terntentu. Misalnya pengguna dengan nama “John” atau pengguna dengan nama yang berawalan “j” dan masih banyak lagi fungsi filter yang bisa digunakan.

    screenshot

    Daftar user hasil yang di filter (disaring) akan ditampilkan pada kolom nomor 2 pada gambar di atas. Lalu daftar user bisa dijadikan objek untuk melakukan aksi. Misalnya anda bisa menggunakan user yang sudah difilter diatas untuk dikirimi pesan dengan menggunakan fitur yang ada di kolom 3.

  5. Tambah pengguna / Add a new user
  6. Tambah pengguna digunakan untuk menambahkan pengguna baru.

    screenshot
  7. Upload pengguna / Upload Users
  8. Upload pengguna digunakan untuk menambahkan pengguna dengan cara mengunggah (upload) user dari suatu file terntentu. Misalnya kita akan mengupload user dari file .csv maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

    1. Pilih menu Upload Users / Upload Pengguna
    2. screenshot
    3. Halaman Upload Pengguna.
    4. Setelah muncul halaman upload pengguna, Buat terlebih dahulu file csv yang berisi data pengguna baru misalnya kita buat file .csv di microsoft excel lalu save as dengan format .csv

      screenshot

      lalu upload (unggah) file dan sesuaikan csv delimeternya (apakah memakai koma, atau titik koma sebagai pemisah filenya, lihat pengaturan delimeter di microsoft excel anda) lalu klik upload.

      screenshot

      Pada halaman selanjutnya akan ada pengaturan untuk pengguna baru yang di upload. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda, jika sudah maka klik Upload pengguna. Jika sukses akan muncul halaman seperti gambar berikut :

      screenshot

      klik lanjut. Dan selamat anda berhasil mengupload user. Fitur upload pengguna ini berguna jika anda ingin menambahkan user dengan jumlah banyak sehingga tidak memungkinkan untuk input data satu per satu. Untuk melihat daftar pengguna silahkan pilih menu daftar pengguna / browse list of users.

Menetapkan Peran

Menetapkan Peran digunakan untuk mengatur peran masing-masing pengguna. Misalnya pengguna A menjadi student, pengguna B menjadi Manajer, dan sebagainya.

screenshot

Sebagai pengetahuan, berikut adalah hirarki user.

  1. Admin Sistem, pengguna yang paling tinggi mempunyai semua wewenang pada sistem
  2. Manajer, pengguna yang bisa membuat kelas serta mengatur siapa saja yang terlibat didalamnya
  3. Teacher, pengguna yang menjalankan kelas, bisa melakukan semua aktifitas di kelas.
  4. Teacher (nonediting), pengguna yang menjalankan kelas, tetapi tidak dapat menambahkan aktifitas di kelas.
  5. Student, pengguna yang berperan sebagai siswa yang bisa mengakses dan ikut berperan aktif seperti mengikuti kelas, quiz dan lain sebagainya.

Untuk menatapkan peran, masuk ke menu “menetapkan peran sistem” lalu anda akan dialihkan ke halaman pemilihan peran. Lalu pilih peran untuk di terapkan pada pengguna (user). Misalnya kita pilih manager.

screenshot

lalu pilih siapa yang akan berperan sebagai manager.

screenshot

Seperti pada gambar diatas kita telah brerhasil menjadikan satu user dengan username manajer9 menjadi seorang manager. Untuk melakukan pembagian peran lain anda tinggal mengikuti tahap-tahap yang tadi sudah dilakukan dengan peran berbeda tentunya.

Cohort

Cohort adalah salah satu manajemen user. Cohort digunakan untuk mengenroll atau mendaftarkan sejumlah siswa ke kelas tertentu dengan cara 17 mengelompokannya (dimasukkan kedalam grup) terlebih dahulu. Untuk membuat cohort kita bisa mengakes ke Administrasi Situs / Site Administration → Pengguna / users →Cohort, sehingga akan tampil halaman cohort yang berisi list cohort yang sudah dibuat.

screenshot

Sebagai pengetahuan, berikut adalah hirarki user.

  1. Tambah Cohort Baru
  2. Untuk membuat cohort baru, silahkan klik tab “Tambah Cohort Baru”.

    screenshot

    Isi nama dan pilih context berdasarkan kategori kelas atau jika anda belum membuat kategori kelas maka isikan sistem. Klik simpan perubahan. Maka cohort yang anda masukkan bisa dilihat di tab semua cohort.

    screenshot

Manajemen Kelas

Manajemen Kelas, digunakan untuk mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan kelas. Manajemen kelas tidak hanya bisa dilakukan oleh site administrator, tetapi juga bisa dilakukan oleh pengguna yang memiliki peran sebagai manajer. Namun fungsi kelola yang yang dipunyai manajer tentu saja tidak selengkap administrator. Menu Manajemen Kelas berada di menu Administrasi Situs / Site Administration → Courses / Kelas

screenshot

Seperti pada gambar diatas, pada menu Manajemen Course / Kelas anda dapat menambah kelas, menambah kategori, mengembalikan (restore) kelas yang pernah di-backup dan sebagainya

  1. Add a new course / Menambahkan Kelas.
  2. Untuk menambahkan kelas klik Add a new course pada menu sehingga akan tampil halaman seperti pada gambar berikut.

    screenshot

    Pada halaman buat kelas baru, isi form yang dibutuhkan sesuai dengan detail kelas yang akan anda buat. Anda juga bisa menambahkan file berupa gambar/poster untuk menjelaskan kelas anda agar lebih menarik.

    screenshot
    screenshot
    screenshot

    Jika sudah diisi, maka klik “simpan dan lanjutkan” jika anda ingin menambahkan kelas lagi. Klik “simpan dan tampilkan” jika anda ingin melihat kelas yang telah anda buat.

  3. User Enrolment (pendaftaran siswa).
  4. User enrollment adalah proses mendaftarkan siswa atau cohort ke suatu kelas. Misalnya kita telah membuat data siswa maupun cohort di menu pengguna, kali ini kita akan enroll-kan siswa atau cohort tersebut kedalam suatu kelas yang telah kita buat.

    Untuk meng-enroll seorang siswa atau cohort pastikan anda sudah berada di dalam halaman kelas. Misalnya kita masuk ke kelas panduan lms admin dan kita akan enroll-kan siswa atau bahkan cohort kedalam kelas tersebut.

    1. Klik menu ubah pengaturan di sebelah kanan atas halaman kelas, lalu pilih “lebih banyak / more”.
    2. screenshot
    3. Jika sudah masuk menu Administrasi kelas, masuk ke tab pengguna. Lalu klik “pengguna yang di enroll”.
    4. screenshot
    5. Lalu klik enrol pengguna
    6. screenshot
    7. Pilih pengguna yang akan kita enrol, disini saya langung pilih cohort yang pernah kita buat sebelumnya agar tidak enrol pengguna satu-satu. Klik “enrol pengguna atau cohort yang dipilih”.
    8. screenshot
    9. Anda telah berhasil menambahkan cohort peserta training lms ke kelas Panduan LMS Admin.
    10. screenshot
  5. Tambah sebuah kategori.
  6. Menu “tambah sebuah kategori” isinya sama dengan step membuat kategori pada saat kita membuat kategori untuk sebuah kelas. Silahkan klik menu “tambah sebuah kategori” lalu akan muncul halaman berisi form untuk menambah sebuah kategori.

    screenshot

    Isi form kategori sesuai yang dibutuhkan. Isi kategori induk dengan atas apabila kategori yang anda buat tidak dibawah kategori lain. Isi nama kategori dan id kategori dan keterangan bila diperlukan.

    screenshot

    Lalu klik “Membuat Kategori”. Anda akan dialihkan kembali ke halaman membuat kelas. Kategori yang telah dibuat akan muncul di daftar kategori kelas.

  7. Standar pengaturan kelas.
  8. Standar pengaturan kelas berfungsi untuk menetapkan pengaturan standar atau pengaturan secara default ketika kelas itu dibuat. Anda bisa mengatur standar pengaturan kelas dengan mengakses Administrasi Situs→ Kelas→ Standar Pengaturan Kelas.

    screenshot
    screenshot
    screenshot
  9. Permintaan kelas.
  10. Permintaan kelas digunakan untuk memberi akses kepada pengguna yang tidak berwenang membuat kelas namun diberikan akses pengajuan yang nanti pengajuan tersebut akan tampil pada halaman permintaan kelas seorang administrator atau seorang manajer (dapat diatur siapa saja yang akan menerima notifikasi). Anda bisa mengatur permintaan kelas pada menu Administrasi Situs→ Kelas→ Permintaan Kelas. Lalu anda akan diarahkan ke halaman pengaturan permintaan kelas. Ubah pengaturan sesuai dengan kebutuhan anda

    screenshot
    screenshot
  11. Upload Kelas.
  12. Upload kelas memungkinkan anda untuk mengupload (unggah) kelas dalam jumlah banyak, prinsipnya sama dengan mengupload user, kita siapkan dahulu file dengan format csv, lalu kita upload ke sistem. Untuk masuk ke menu upload kelas silahkan ke Administrasi Situs→ Kelas → Upload Kelas. Berikut adalah halaman upload kelas.

    screenshot

    Pertama, buatlah file .csv dengan format seperti gambar dibawah ini.

    screenshot

    Pada kolom kategori isi kategori id yang telah kita buat, angka “3” adalah id untuk kategori panduan (pada kasus saya). Untuk mengetahui kode kategori anda , silahkan masuk ke menu Administrasi Situs→ Kelas → Tambah/ubah kelas. Sorot nama kategori yang akan di pakai, lalu lihat id kategorinya di bawah, perhatikan gambar berikut.

    screenshot

    Oke kembali lagi ke upload kelas, setelah membuat file .csv dan simpan, maka pilih menu choose pada form upload kelas, dan pilih file csv yang telah kita buat llalu kli upload.

    screenshot

    Perhatikan csv delimeter, sesuaikan dengan pengaturan pada file csv. Jika terjadi error dan ada pesan delimeter maka coba dan ubah tipe delimeter csv nya.

    screenshot

    Klik preview.

    screenshot

    Jika tidak ada masalah, sesuaikan pengaturan kelas dengan kebutuhan anda lalu klik upload kelas→ lanjut. Selamat anda berhasil mengupload kelas. Untuk melihat daftar kelas, silahkan masuk ke menu Administrasi Situs → kelas→ tambah/ubah kelas klik kategori dari kelas anda, misalnya panduan, klik panduan di kolom sebelah kiri, maka akan tampil sebelah kanan kelas yang sudah tadi anda upload.

    screenshot
  13. Menambahkan Aktifitas di Kelas.
  14. Untuk menambahkan aktifitas di kelas, anda harus masuk ke kelas tersebut. Penambahan aktifitas di kelas biasanya dilakukan oleh teacher (pengajar) namun tidak menutup kemungkinan seorang admin juga sewaktu waktu akan diperlukan untuk menambahkan aktifitas di dalam kelas. Untuk masuk kedalam kelas, anda bisa masuk ke Beranda Situs → Pilih nama kelas atau bisa lewat Administrasi Situs→ Kelas→ tambah-ubah kelas → Pilih Kategori →Klik Kelas (pada kolom sebelah kanan) → pilih Lihat (pada bagian kiri atas kolom paling kanan) atau lihat gambar berikut :

    screenshot

    Pada halaman kelas ada beberapa menu diantaranya:

    1. Menu pengaturan.
    2. Pada menu pengaturan anda bisa melakukan banyak sekali pengaturan, diantaranya pengaturan kelas, penambahan aktifitas pada kelas dan lain sebagainya.

      screenshot
      • Menu “ubah pengaturan” memungkinkan anda untuk melakukan pengaturan terhadap kelas yang sedang anda kunjungi.
      • “Hidupkan mode Pengubahan” memungkinkan anda untuk mengaktifkan mode pengubahan dalam kelas yang sedang anda kunjungi. Dalam mode pengubahan anda dapat melakukan penambahan topik, penghapusan topik, pengubahan topik, penambahan aktifitas pada topik, menghapus aktifitas pada topik, mengubah tataletak dan lain sebagainya.
    3. Mode Pengubahan.
    4. Untuk menghidupkan mode pengubahan, silahkan masuk ke menu ubah pengaturan → hidupkan mode pengubahan. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, ada banyak sekali yang bisa anda lakukan dalam mode pengubahan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  15. Mengelola topik.
  16. Dalam mode pengubahan memungkinkan anda untuk mengelola topik, mengelola topik berarti anda dapat menambahkan, mengubah,dan menghapus topik pada suatu kelas. Untuk mengelola topik, pastikan anda telah menghidupkan mode pengubahan.

    screenshot

    Keterangan gambar :

    1. Icon tersebut berguna untuk mengeser topik anda kebawah ataupun keatas.
    2. Menu ubah, digunakan untuk mengubah nama topik, menghapus dan menyembunyikan topik dari siswa
    3. Menu menambahkan aktifitas memungkinkan anda untuk menambahkan aktifitas.

    1. Menambahkan aktifitas pada topik.
    2. Untuk menambahkan aktifitas, pastikan anda telah menghidupkan mode pengubahan. Klik “Tambahkan sebuah aktifitas atau sumber daya” pada topik yang ingin anda tambahkan suatu aktifitas. Misalnya kita akan menambahkan kuis pada topik 1.

      screenshot

      Pilih aktifitas yang ingin anda tambahkan, misalnya kita akan menambahkan pretest pada topik 1. Maka tambahkan suatu aktifitas yang mendukung pretest tersebut, yaitu kuis.

      screenshot

      Anda akan dialihkan ke halaman pengaturan kuis. Beri nama kuis dan klik tombol “simpan dan kembali ke kelas”. Bahasan membuat kuis akan kita bahas pada bab yang berbeda. Kita akan diarahkan kembali ke halaman kelas, dan kita bisa melihat aktifitas yang kita tambahkan tadi di topik 1.

      screenshot
    3. Matikan mode pengubahan.
    4. Ketika anda telah selesai dalam melakukan pengubahan, maka matikan mode pengubahan pada menu Ubah pengaturan→ Matikan Mode Pengubahan. Sehingga tampilannya akan kembali seperti dibawah ini.

      screenshot

Manajemen Bahasa

Manajemen bahasa bisa diakses melalui Administrasi Situs→ Bahasa.

screenshot

Berikut adalah yang bisa dilakukan pada manajemen bahasa:

  1. Pengaturan Bahasa
  2. Pengaturan Bahasa di dalam pengaturan bahasa anda dapat melakukan beberapa pengaturan seperti default bahasa yang dipakai, tampilkan menu pemilihan bahasa dan sebagainya.

    screenshot
  3. Kustomisasi Bahasa
  4. Kustomisasi Bahasa dalam menu ini anda dimungkinkan untuk mengkontumisasi bahasa dari paket yang sudah ada. Untuk mengkustomisasi bahasa, masuk ke menu kustomusisasi bahasa → Pilih bahasa (yang akan di kustomisasi)→ klik Buka paket bahasa untuk dikustomisasi. Tunggu sistem menyediakan paket bahasa yang akan dikustom, lalu klik lanjut nanti akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini dan silahkan lakukan kustomisasi bahasa.

    screenshot
  5. Paket Bahasa
  6. Paket Bahasa pada menu ini memungkinkan kita untuk memilih dan mendownload paket bahasa yang telah disediakan oleh sistem LMS. Untuk memilih paket bahasa yang di inginkan silahkan klik menu Paket Bahasa lalu akan muncul halaman, anda tinggal memilih bahasa yang anda inginkan dari list paket bahasa yang ada di kolom sebelah kanan lalu klik instal paket bahasa yang dipilih.

    screenshot

Manajemen Tampilan

Manajemen tampilan bisak di akses melalui Administrasi Situs→ Tampilan.

screenshot

Ada banyak sekali menu pada manajemen tampilan, disana kita bisa memilih tema, mengubah pengaturan tema, mengupload logo, dan lain sebagainya. Bahasan manajemen tema diantaranya :

  1. Meng-upload logo
  2. PPada pengaturan tampilan anda bisa mengupload logo sendiri. Untuk mengupload logo sendiri silahkan masuk ke Administrasi Situs → Tampilan → Logo.

    screenshot
  3. Pemilihan Tema
  4. Untuk melakukan pemilihan tema silahkan masuk ke Administrasi Situs → Tampilan → Pemilihan Tema.

    screenshot

    klik “ganti tema”, lalu pilih tema yang di inginkan. Lalu klik “Gunakan tema”

    screenshot